Reyvan Mustofa

Menyusui di Tempat Umum Apakah Salah

Sebelum aku membahas apa yang ada di judul, aku mau cerita sedikit tentang pengalamanku guyonan dengan teman kerjaku sewaktu aku masih kerja di perusahaan kontraktor di Surabaya. 

Temenku ini memang terkenal kocak kalau omong, dia salah satu temenku yang menurutku paling asik dari pada yang lainnya. 

Menyusui di Tempat Umum Apakah Salah



Meskipun kadang juga omongannya sering error. Jadi ceritanya waktu itu aku dengan dia lagi ada kerjaan di lapangan dan kebetulan lagi di lokasi proyek dan dipinggir jalan raya. 

Saat kondisi santai, terjadilah obrolan ringan gaya khas orang kerja proyekan. 

 "Pak, aku kebelet nguyuh, Pak. Nangdi yo WC ne?" Aku tanya teman kerjaku. "Lha nguyuh kene po'o kenopo? Ben gak adoh-adoh nang WC." Dia menjawab. "Yo ketok wong lah, Pak! Ngawor sampean iki!" Aku sedikit ngegas. "Yo meremo ben gak kethok wong-wong!" Dia menjawab dengan santainya. "Jiancok, sampean iku!" Balasku dengna nada bercanda.

Terjemahannya seperti ini.
"Pak, aku mau kencing, Pak. WC nya dimana ya?"
"Lha kencing di sini aja kenapa? Biar gak jauh-jauh ke WC"
"Ya kelihatan banyak orang lha, Pak! Ngasal aja Bapak ini!"
"Ya tutup matamu biar nggak  kelihatan orang-orang"
"Jiancok!"
Nah, cerita pada thumbnail  kurang lebih memiliki logika yang sama dengan ceritaku di atas. Jadi ceritanya ada seorang ibu-ibu yang sedang menyusui anaknya di tempat umum. 

Sedang asik-asiknya sang anak menenggak asupan gizi dari sang ibu, ada seseorang yang mengingatkan sang ibu untuk menutupi saat sedang menyusui. 

Kalimat menutupi disini tidak dijelaskan dengan detail oleh pihak yang memposting gambar tersebut di facebook. Berdasarkan caption  yang dia tulis, dia hanya menulis "cover up" yang artinya menutupi.

Spoiler for Ibu menyusui: Hide

Menyusui di Tempat Umum

Sang ibu ini kreatif bener memang, bukannya payudaranya yang ditutupi, malah mukanya yang ditutupi. Nah, kurang lebih sama kan ceritanya sama yang aku ceritakan dengan pengalamanku sendiri. Bedanya, yang punya inisiatif adalah yang melakukan, bukan yang tidak melakukan.emoticon-Big Grin 

Lalu, apakah menyusui di tempat umum adalah tindakan yang salah ? 
Jawabannya jelas tidak. Namun dengan catatan, sesuaikan kondisi dan tempatnya ya. 

Karena tidak semua orang yang bisa memahami situasi seorang ibu yang sedang menyusui anaknya. Masalah ibu menyusui ini cukup pelik dibeberapa negara karena ada yang menghubungkan dengan seksualitas. 

Salah satu contohnya adalah apa yang dilakukan oleh Aliya Shagieva, putri bungsu presiden Kyrgiztan yang mengunggah foto dirinya sedang menyusui anaknya.



Post a Comment

0 Comments